Forum Umum

User Image Tri Hartanti 16-Feb-2023

5 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Gangguan tidur adalah kondisi umum. Nah, ada beberapa cara mengobati insomnia agar tidur lebih sehat dan berkualitas. Sehingga Anda bisa lebih produktif dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Ada beberapa cara untuk mencoba memperbaiki insomnia dan kualitas tidur, di antaranya:

1. Tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap hari

Banyak orang mengganti jam tidur yang hilang selama seminggu dengan tidur berlebihan di akhir pekan. Padahal, kebiasaan seperti itu akan mengganggu siklus tidur alami. Nyatanya, cara ini semakin memperparah keadaan insomnia.

Jadi cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di hari libur. Ini dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan pola tidur yang konsisten, sehingga Anda lebih mudah tertidur.

2. Batasi waktu tidur siang

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa tidur di siang hari dapat menyegarkan tubuh saat lelah beraktivitas. Di sisi lain, tidur siang juga bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Jadi jika Anda sangat lelah dan ingin tidur sebentar untuk mengisi ulang tenaga, usahakan tidur hanya 10-20 menit sebelum jam 3 sore.

3. Hindari merokok sebelum tidur

Hindari tidak hanya minuman beralkohol dan berkafein, tetapi juga merokok. Kandungan nikotin pada rokok bisa membuat Anda sulit tidur dan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga harian minimal 30 menit diketahui dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Berolahraga sebelum tidur tidak dianjurkan, karena memiliki efek stimulasi pada tubuh dan membuat sulit untuk tertidur.

5. Hindari stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang dapat memengaruhi pola tidur yang sehat. Untuk menghilangkan stres, Anda bisa mencoba berbagai cara seperti teratur melakukan yoga, meditasi atau bersantai sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai cara lain untuk mengatasi insomnia seperti nonton film di https://aim.mtu.edu/images/sinema21/, baca buku atau dengar musik yang bisa santai.

Namun, jika berbagai cara pengobatan insomnia yang diuraikan di atas tidak menyelesaikan masalah insomnia, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, terutama jika masalah tersebut sudah mengganggu aktivitas dan kesehatan Anda.